Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama
Sekolah : SMK N 1
Tebing Tinggi
Mata Pelajaran
: Komputer
Akuntansi
Kelas/Semester
: XI / 3
Pertemuan Ke-
: 1- 8
Alokasi Waktu
: 105 Jam @ 45 menit (diberikan 5
jam/minggu)
Tema/Sub tema : Konsep komputerisasi akuntansi dan
spesifikasi sistem komputer,
Data awal Perusahaan
Jasa,linked account,penyesuaian pajak
Cara pembuatan buku
besar pembantu utang dan piutang pada
Perusahaan jasa dan
dagang.
A. Kompetensi inti.
KI 3: Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan
Lembaga
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.1. Menerapkan prosedur program komputer akuntansi
3.2. Menerapkan file data akuntansi untuk perusahaan jasa.
3.3. Menganalisis daftar akun untuk perusahaan jasa.
3.4. Menganalisis saldo-saldo kartu piutang, kartu utang, kartu
item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang
dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa dan perusahaan dagang..
3.5. Menganalisis transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments)
pada akhir periode akuntansi termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada
perusahaan jasa.
3.6. Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan
jasa.
3.7. Menerapkan file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
3.8. Menganalisis daftar akun untuk perusahaan dagang.
3.9. Menganalisis pencatatan saldo pada kartu (piutang, utang,
item perlengkapan (supplies), item barang dagang, aset tetap) pada
perusahaan dagang.
4.1. Menginstal program komputer akuntansi
4.2.Membuat file data akuntansi untuk perusahaan jasa.
4.3. Menyusun daftar akun untuk perusahaan jasa.
4.4. Mengentry saldo kartu-kartu (piutang, utang,item
perlengkapan (supplies), item pelayanan jasa atau item barang dagang, aset
tetap pada perusahaan jasa.
4.5. Mengentry transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments)
pada akhir periode akuntansi
termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada perusahaan
jasa.
4.6. Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
4.7. Membuat file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
4.8. Menyusun daftar akun untuk perusahaan dagang.
4.9. Mengentry saldo pada kartu (piutang, utang, item
perlengkapan (supplies), item barang dagang, aset tetap) pada perusahaan
dagang.
A. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang
ditunjukkan dengan sikap relijius,jujur,disiplin,jujur santun
dan
tanggung jawab
2.
Terlibat secara
aktif dalam proses pembelajaran tentang :
·
Menjelaskan Konsep komputerisasi
akuntansi dan spesipikasi sistem komputer
·
Mendeskripsikan proses pembuatan
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
·
Menganalisis susunan daftar akun dan
hubungan akun (link accounts) untuk komputerisasi akuntansi perusahaan jasa
·
Mendeskripsikan cara penyesuaian
pajak pertambahan nilai (PPN) untuk perusahaan jasa
·
Mendeskripsikan cara pengisian saldo
awal akun buku besar perusahaan jasa
3.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok dan toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif
1.
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan
masalah yang relevan yang
berkaitan dengan konsep
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan pengertian Konsep komputerisasi akuntansi dan spesipikasi sistem
komputer untuk mngintal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.
2.
Menjelaskan
proses pembuatan file data akuntansi
baru untuk perusahaan jasa
3.
Menganalisis susunan daftar akun dan
hubungan akun (link accounts) untuk komputerisasi akuntansi perusahaan jasa
4.
Mendeskripsikan cara penyesuaian
pajak pertambahan nilai (PPN) untuk perusahaan jasa
5.
Mendeskripsikan cara pengisian saldo
awal akun buku besar perusahaan jasa
6.
Mendeskripsikan cara pengisian buku
pembantu utang dan piutang
II.
Materi Ajar
Pertemuan ke :
1
Pengertian Konsep komputerisasi akuntansi dan
spesipikasi sistem komputer untuk mngintal program aplikasi komputer akuntansi
yang dipilih.
1. Menginstall
Program MYOB
Ada lima unsur penting yang saling
terkait dalam sistem komputerisasi di semua bidang,
termasuk di bidang akuntansi, yaitu
a) Perangkat keras (hardwares), yaitu
peralatan komputer dan peralatan elektronik lainnya yang
digunakan untuk otomatisasi akuntansi.
b) Perangkat lunak (softwares), yaitu
program komputer dalam hal ini adalah aplikasi
komputer akuntansi. Biasanya untuk menjalankan
aplikasi ini diperlukan spesifikasi hardwares tertentu.
c) Perangkat otak (brainwares), yaitu tenaga manusia yang
memprogram dan mengoperasikan komputer.
d) Data input dan output. Data input adalah data yang dientri dan
diproses di komputer, sedangkan output adalah
data yang dihasilkan atau disebut informasi.
2. Spesipikasi
Peralatan komputer yang dibutuhkan untuk
pengoperasian program MYOB minimal mempunyai spesifikasi sebagai berikut:
200MHz· Intel
Pentium Processor with at least 64 MB RAM.
200 MB of· Hardisk
space.
16 bit· colour,
1024x768 screen resolution.
Microsoft· Windows
versi 2000, XP, Vista atau yang terbaru
Windows· compatible
printer, mouse or pointing device.
3. Langkah-langkah menginstal program
MYOB
Dobel Klik file Setup
Pilih Complete instalation, proses instalasi berjalan secara
otomatis
Klik Yes setiap ada pertanyaan
Klik Finish, untuk mengakhiri proses instalasi
4. Menu untuk Format Tanggal dan
Simbol Mata Uang
Menu yang digunakan untuk menyesuaikan
format tanggal dan simbol mata uang Indonesia adalah langsung
dari program Windows yaitu:
Start >
Control Panel > Date, Time, Language and Regional Options
5. Format tanggal
pada program MYOB sejak awal diformat
(sistem Amerika) MM/DD/YYYY artinya
Bulan/Tanggal/Tahun. Hal ini dapat
menyebabkan kesalahan manakala digunakan oleh
user di Indonesia karena terbiasa dengan
format Tanggal/Bulan/Tahun. Oleh sebab itu sebelum mengaktifkan
program MYOB peserta didik perlu mengubahkan menjadi format
tanggal Indonesia dan simbol mata uang
Dollar ($) diubah menjadi simbol mata uang Rupiah (Rp).
Langkah-langkah untuk mengubah format tanggal dan simbol mata
uang sebagai berikut:
Klik Start > Control Panel
> Date, Time, Language and Regional Options
Klik Regional and Language Options
Pilih Indonesia dan Klik OK,
III. Metode
Pembelajaran :
1. Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
Learning
2. Strategi
Pembelajaran
:
Cooperatif Learning
3. Model
Pembelajaran : Problem Base Learning
(Pembelajaran Berbasis Masalah)
4. Metode
Pembelajaran
:
Tanya Jawab,Diskusi ,Penugasan dan Praktek
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran.
Pert.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
1-2.
|
Kegiatan
Awal
Kegiatan
Inti
Kegiatan
Akhir
|
1.
Guru membuka
pertemuan dengan salam
2.
Guru
memperhatikan kerapian dan kebersihaan ruang kelas.
3.
Guru mengajak
siswa untuk berdoa, mengabsensi siswa
4.
Mempersiapkan
media dan alat serta buku yang diperlukan
5.
Guru
menyampaikan topik tentang Pengertian Konsep komputerisasi akuntansi
dan spesifikasi sistem komputer,
6.
Guru
memberikan motivasi dan bersyukur bisa sekolah hingga mencapai cita-cita
7.
Guru
menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik dan
menekankan pelajaran ini pada pemaknaan dan penerapan serta ketrampilan
Mengamati
o
Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
o
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menanya
o
merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah terkait dengan materi pokok
Mengeskplorasi
o
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah terkait materi pokok
Mencoba
o
Mempraktekkan
langkah-langkah pemecahan masalah didasarkan pada solusi yang ditentukan
o
Memilih
alternatif pemecahan masalah lainnya
Menyimpulkan
o
Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
o
Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
§ Tanya jawab terhadap materi yang belum dipahami.
§ Guru bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan.
§ Sebelum mengakhiri pelajaran,guru menanyakan kepada
peserta didik nilai-nilai apa saja yang dapat dari pelajaran hari ini.
§ Evaluasi dengan soal uraian.
§ Pembelajaran ditutup dengan do’a.
|
20 menit
860 menit
20 menit.
|
V. Alat/Media /SumberPembelajaran
1. Lembar kerja :
2. Lembar Penilaian
3. Kalkulator, Laptop
4. Sumber belajar : Modul menyusun laporan keuangan dan
buku referensi lainnya yang relevan
VI.
Penilaian Hasil Belajar :
1.
Sikap : Observasi spiritual dan sosial,Penilaian
diri dan Penilaian antar teman
2.
Pengetahuan : Tes Uraian
3.
Penilaian
Ketrampilan : Penugasan /Praktek
VII.
Penilaian Kinerja (obsevasisi selama
kegiatan berlangsung):
a. Jenis test : Tertulis
b. Bentuk soal : essay
c. Soal
Tes
Pengetahuan. (3.1)
Pilih jawaban
yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf a, b, c, d atau e dari
setiap item soal pilihan ganda di bawah ini:
1.
Unsur-unsur yang saling mempengaruhi dalam
sistem komputerisasi akuntansi:
a.
Softwares, Hardwares, Program Applications, Inputs dan Outputs.
b.
Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c.
Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan Outputs.
d. Input,
Hardwares, Softwares, Process, dan Output.
e.
Hardwares, Program Aplication, inputs dan Outputs.
2.
Program MYOB termasuk kelompok:
a. Input
dan Output
b.
Hardwares
c.
Process
d.
Softwares
e.
Brainwares
3. Format
tanggal program MYOB Sejak awal adalah:
a. YYYY/MM/DD
b.
DD/MM/YYYY
c.
MM/DD/YYYY
d.
YYYY/DD/MM
e.
MM/YYYY/DD
4. Menu
yang digunakan untuk pembuatan file data bisnis baru:
a.
Explore
b. What’s
New
c. Open
d. Create
e. Exit.
5. Kolom
informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong):
a. Serial
Number
b.
Company Name
c.
Address
d. Phone
and fax number
e. Email
Address
Tes
Keterampilan.
Buatlah file data baru menggunakan program MYOB versi18
untuk perusahaan jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 2 di Lembar Kerja
Peserta Didik), dengan rincian sebagai berikut:
Instruksi:
1. Tes
ini dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan dikerjakan oleh peserta didik secara berkelompok.
2.
Pada kahir waktu tes diminta setiap
peserta didik menyerahkan hasil pekerjaannya dalam bentuk file.
3. Tugas
1, mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
4. Tugas
2, menetukan periode akuntansi.
5. Tugas
3, menentukan cara penyusunan daftar akun (dengan cara mengimport).
6. Tugas
4, menentukan nama folder (My Documents/Data MYOB 18 dan nama file RIOD-nama
peserta didik masing-masing.
Kunci Jawaban
Tes Formatif ini meliputi:
Kunci
Test· Pengetahuan
dan
Kunci
Tes· Keterampilan
Kunci
Test Pengetahuan
Soal No.
Jawaban
1 c
2
d
3
c
4
d
5
b
Kunci
Tes Keterampilan
Menu : Setup
> Company Information.
Gambar: 2. 13 Company Information RIOD
Mengetahui , Tebing
Tinggi, Juli 2019
Kepala SMK N-1 TEBING
TINGGI Guru
Bidang Studi
ASRIL SIREGAR, S.Pd TIO MANNA SIBARANI, S.Pd, M.Pd
NIP.19780107 200701 1 002 NIP.19790419
200801 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar