Kamis, 16 April 2020

RPP Mapel Komputer Akuntansi Kelas 11



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                          : SMK N 1 Tebing Tinggi
Mata Pelajaran                         : Komputer Akuntansi
Kelas/Semester                        : XI / 3
Pertemuan Ke-                         : 1- 8
Alokasi Waktu                          : 105 Jam @ 45 menit (diberikan 5 jam/minggu)
Tema/Sub tema                        : Konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer,
  Data awal Perusahaan Jasa,linked account,penyesuaian pajak
  Cara pembuatan buku besar pembantu utang dan piutang pada
  Perusahaan jasa dan dagang.
                                                                                             

A.   Kompetensi inti.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.   Kompetensi Dasar
3.1. Menerapkan prosedur program komputer akuntansi
3.2. Menerapkan file data akuntansi untuk perusahaan jasa.
3.3. Menganalisis daftar akun untuk perusahaan  jasa.
3.4. Menganalisis saldo-saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa dan perusahaan dagang..
3.5. Menganalisis transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments) pada akhir periode akuntansi termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada perusahaan jasa.
3.6. Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
3.7. Menerapkan file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
3.8. Menganalisis daftar akun untuk perusahaan dagang.
3.9. Menganalisis pencatatan saldo pada kartu (piutang, utang, item perlengkapan (supplies), item barang dagang, aset tetap) pada perusahaan dagang.

4.1. Menginstal program komputer akuntansi
4.2.Membuat file data akuntansi untuk perusahaan jasa.
4.3. Menyusun daftar akun untuk perusahaan jasa.
4.4. Mengentry saldo kartu-kartu (piutang, utang,item perlengkapan (supplies), item pelayanan jasa atau item barang dagang, aset tetap pada perusahaan jasa.
4.5. Mengentry transaksi-transaksi penyesuaian (adjustments) pada akhir periode akuntansi
termasuk dan membuat rekonsiliasi kas di bank pada perusahaan jasa.
4.6. Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.
4.7. Membuat file data akuntansi untuk perusahaan dagang.
4.8. Menyusun daftar akun untuk perusahaan dagang.
4.9. Mengentry saldo pada kartu (piutang, utang, item perlengkapan (supplies), item barang dagang, aset tetap) pada perusahaan dagang.
  

A.    Indikator  Pencapaian  Kompetensi  
1.    Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukkan dengan sikap relijius,jujur,disiplin,jujur santun
dan tanggung jawab
2.    Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran tentang :
·         Menjelaskan Konsep komputerisasi akuntansi dan spesipikasi sistem komputer
·         Mendeskripsikan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
·         Menganalisis susunan daftar akun dan hubungan akun (link accounts) untuk komputerisasi akuntansi perusahaan jasa
·         Mendeskripsikan cara penyesuaian pajak pertambahan nilai (PPN) untuk perusahaan jasa
·         Mendeskripsikan cara pengisian saldo awal akun buku besar perusahaan jasa
3.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok dan toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif
1.     Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
 berkaitan dengan konsep

I.     Tujuan Pembelajaran :
                    Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :
1.     Menjelaskan pengertian Konsep komputerisasi akuntansi dan spesipikasi sistem komputer untuk mngintal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.
2.     Menjelaskan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
3.     Menganalisis susunan daftar akun dan hubungan akun (link accounts) untuk komputerisasi akuntansi perusahaan jasa
4.     Mendeskripsikan cara penyesuaian pajak pertambahan nilai (PPN) untuk perusahaan jasa
5.     Mendeskripsikan cara pengisian saldo awal akun buku besar perusahaan jasa
6.     Mendeskripsikan cara pengisian buku pembantu utang dan piutang

II.    Materi Ajar       

Pertemuan ke : 1
Pengertian Konsep komputerisasi akuntansi dan spesipikasi sistem komputer untuk mngintal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.
                                       1.    Menginstall Program MYOB
Ada  lima  unsur  penting  yang  saling  terkait  dalam  sistem  komputerisasi  di semua bidang, termasuk di bidang akuntansi, yaitu
a)  Perangkat  keras  (hardwares),  yaitu  peralatan  komputer  dan  peralatan elektronik lainnya yang digunakan untuk otomatisasi akuntansi.
b)  Perangkat  lunak  (softwares),  yaitu  program  komputer  dalam hal  ini  adalah aplikasi  komputer  akuntansi.  Biasanya  untuk  menjalankan  aplikasi  ini diperlukan spesifikasi hardwares tertentu.
c)  Perangkat otak  (brainwares), yaitu tenaga manusia yang memprogram dan mengoperasikan komputer.
d)  Data input dan output. Data input adalah data yang dientri dan diproses di komputer,  sedangkan  output  adalah  data  yang  dihasilkan  atau  disebut informasi.

                                       2.    Spesipikasi
Peralatan  komputer  yang  dibutuhkan  untuk  pengoperasian program MYOB minimal mempunyai spesifikasi sebagai berikut:
  200MHz· Intel Pentium Processor with at least 64 MB RAM.
  200 MB of· Hardisk space. 
  16 bit· colour, 1024x768 screen resolution.
  Microsoft· Windows versi 2000, XP, Vista atau yang terbaru 
  Windows· compatible printer, mouse or pointing device.

                                       3.    Langkah-langkah menginstal program MYOB
         Dobel Klik file Setup
         Pilih Complete  instalation, proses instalasi berjalan secara otomatis
         Klik Yes setiap ada pertanyaan
         Klik Finish, untuk mengakhiri proses instalasi
                                      
                                       4.    Menu untuk Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
Menu  yang  digunakan  untuk  menyesuaikan  format  tanggal  dan  simbol mata uang Indonesia adalah langsung dari program Windows yaitu:
Start > Control Panel > Date, Time, Language and Regional Options
                                       5.    Format  tanggal  pada  program  MYOB  sejak  awal  diformat  (sistem Amerika)  MM/DD/YYYY  artinya  Bulan/Tanggal/Tahun.  Hal  ini  dapat menyebabkan  kesalahan  manakala  digunakan  oleh  user  di  Indonesia karena  terbiasa  dengan  format  Tanggal/Bulan/Tahun.  Oleh  sebab  itu sebelum mengaktifkan program MYOB peserta didik perlu mengubahkan menjadi  format  tanggal  Indonesia  dan  simbol  mata  uang  Dollar  ($) diubah menjadi simbol mata uang Rupiah (Rp).
Langkah-langkah untuk mengubah format  tanggal dan  simbol mata uang sebagai berikut:
         Klik   Start  >  Control  Panel  >  Date,  Time,  Language  and Regional Options
         Klik Regional and Language Options
         Pilih Indonesia dan Klik OK


III. Metode Pembelajaran  :
1.    Pendekatan Pembelajaran   : Scientific Learning
2.    Strategi Pembelajaran                     :  Cooperatif Learning
3.    Model Pembelajaran                       :  Problem Base Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)  
4.    Metode Pembelajaran                     :  Tanya Jawab,Diskusi ,Penugasan dan Praktek

IV. Langkah – langkah Pembelajaran.
Pert.

Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1-2.

Kegiatan Awal










Kegiatan Inti


















Kegiatan Akhir
1.   Guru membuka pertemuan dengan salam
2.   Guru memperhatikan kerapian dan kebersihaan ruang kelas.
3.   Guru mengajak siswa untuk berdoa, mengabsensi siswa
4.   Mempersiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan
5.   Guru menyampaikan topik tentang  Pengertian Konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer,
6.   Guru memberikan motivasi dan bersyukur bisa sekolah hingga mencapai cita-cita
7.   Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik dan menekankan pelajaran ini pada pemaknaan dan penerapan serta ketrampilan

Mengamati
o    Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
o    Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menanya
o    merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah terkait dengan materi pokok
Mengeskplorasi
o    Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok
Mencoba
o Mempraktekkan langkah-langkah pemecahan masalah didasarkan pada solusi yang ditentukan
o Memilih alternatif pemecahan masalah lainnya
Menyimpulkan
o    Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
o    Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya

§  Tanya jawab terhadap materi yang belum dipahami.
§  Guru bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan.
§  Sebelum mengakhiri pelajaran,guru menanyakan kepada peserta didik  nilai-nilai apa saja yang dapat dari pelajaran hari ini.
§  Evaluasi dengan soal uraian.
§  Pembelajaran ditutup dengan do’a.

   20 menit











860 menit



















  20 menit.



V.     Alat/Media /SumberPembelajaran
1.    Lembar kerja :
2.    Lembar Penilaian
3.    Kalkulator, Laptop
4.   Sumber belajar  : Modul menyusun laporan keuangan dan buku referensi lainnya yang relevan

VI.     Penilaian Hasil Belajar :
1.    Sikap                      : Observasi spiritual dan sosial,Penilaian diri dan Penilaian antar teman
2.    Pengetahuan          : Tes Uraian
3.    Penilaian Ketrampilan  : Penugasan /Praktek

VII.     Penilaian Kinerja (obsevasisi selama kegiatan berlangsung):
a.    Jenis  test      : Tertulis
b.    Bentuk soal   : essay
c.    Soal   


Tes Pengetahuan. (3.1)
Pilih jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf a, b, c, d atau e dari setiap item soal pilihan ganda di bawah ini:

1.  Unsur-unsur  yang  saling  mempengaruhi  dalam  sistem  komputerisasi akuntansi:
a.  Softwares, Hardwares, Program Applications, Inputs dan Outputs.
b.  Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c.  Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan Outputs.
d.  Input, Hardwares, Softwares, Process, dan Output.
e.  Hardwares, Program Aplication, inputs dan Outputs.

2.  Program MYOB termasuk kelompok:
a.  Input dan Output
b.  Hardwares
c.  Process
d.  Softwares
e.  Brainwares

3.  Format tanggal program MYOB Sejak awal adalah:
a.  YYYY/MM/DD
b.  DD/MM/YYYY
c.  MM/DD/YYYY
d.  YYYY/DD/MM
e.  MM/YYYY/DD



4.  Menu yang digunakan untuk pembuatan file data bisnis baru:
a.  Explore
b.  What’s New
c.  Open
d.  Create
e.  Exit.

5.  Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong):
a.  Serial Number
b.  Company Name
c.  Address
d.  Phone and fax number
e.  Email Address


Tes Keterampilan.
Buatlah file data baru menggunakan program MYOB versi18 untuk perusahaan jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 2 di Lembar Kerja Peserta Didik), dengan rincian sebagai berikut:


Instruksi:
1.  Tes ini dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan dikerjakan oleh peserta didik secara berkelompok.
2.  Pada  kahir  waktu  tes  diminta  setiap  peserta  didik  menyerahkan hasil pekerjaannya dalam bentuk file.
3.  Tugas 1, mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
4.  Tugas 2, menetukan periode akuntansi.
5.  Tugas 3, menentukan cara penyusunan daftar akun (dengan cara mengimport).
6.  Tugas 4, menentukan nama folder (My Documents/Data MYOB 18 dan nama file RIOD-nama peserta didik masing-masing.

Kunci Jawaban Tes Formatif ini meliputi:
  Kunci Test· Pengetahuan dan
  Kunci Tes· Keterampilan

 Kunci Test Pengetahuan
Soal No.  Jawaban
1      c     
2      d
3      c
4      d
5      b       

 Kunci Tes Keterampilan
Menu : Setup > Company Information.
Gambar: 2. 13 Company Information RIOD




Mengetahui ,                                                                             Tebing Tinggi,       Juli  2019
Kepala SMK N-1 TEBING TINGGI                                               Guru Bidang Studi


ASRIL SIREGAR, S.Pd                                                             TIO MANNA SIBARANI, S.Pd, M.Pd
NIP.19780107 200701 1 002                                                       NIP.19790419 200801 2 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Komputer Akuntansi