Kamis, 16 April 2020

Silabus Mapel Komputer Akuntansi Kelas 11 Semester 3



Silabus Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah SMK (C3)

Bidang Keahlian             :   Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian     :   Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Mata Pelajaran               :   Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah (C3) Kelas   :   XI (Sebelas)
Durasi (Waktu)               :   4 jam pelajaran/minggu @45 menit
KI-3 (Pengetahuan)       :   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)        :   Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasanlangsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.




Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
Kompetensi

Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian
3.1 Memahami pembukuan tunggal, dan pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
3.2 Menerapkan persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
3.3 Menganalisis transaksi pendapatan daerah, belanja derah, pembiayaan daerah, asset daerah, kewajiban daerah dan
 equitas dana daerah
4.1 Mengidentifikasi pembukuan tunggal, dan pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah

3.1.1 Menguraikan Pengertian akuntansi pemerintah
3.1.2 Menjabarkan Pembukuan Tunggal dan Pembukuan ber-pasangan akuntansi pemerintah
3.2.1 Menjabarkan Debit kredit da-lam akuntansi pemerintah daerah
3.2.2 Membuat Penjurnalan dalam akuntansi pemerintah daerah
3.3.1 Menganalisis pembiayaan dan aset pemerintah daerah
3.3.2 Menguraikan kewajiban dan equitas pemerintah daerah
4.1.1 Mengidentifikasi pembukuan tunggal, dan pembukuan ber- pasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
4.2.1 Memindahkan Posting buku besar dalam akuntansi pemerintah daerah
4.3.1 Mengidentifikasikan transaksi pendapatan dan belanja dalam akuntansi pemerintah daerah

1. Pengertian akuntansi pemerintah
2. Pembukuan Tunggal dan Pembukuan Berpasangan akuntansi pemerintah
3. Debit kredit dalam akuntansi pemerintah daerah
4. Penjurnalan dalam akuntansi pemerintah daerah
5. Pembiayaan dan aset pemerintah daerah
6. Kewajiban dan equitas pemerintah daerah
32 x 45 menit
(8 x pertemuan)
 Mengamati
mempelajari buku teks, bahan tayang maupun sumber lain tentang akuntansi pemerintah
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masa- lah akuntansi pemerintah
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi tentang akuntansi pemerintah
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan



Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang transaksi pendapatan daerah, belanja derah, pembiayaan daerah, asset daerah, kewajiban daerah, dan equitas
Pengetahuan:
• Tes tertulis
• Penugasan

Keterampilan:
• Portofolio/ Laporan tertulis individu/ kelompok
4.2 Melakukan pencatatan persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuang
an pemerintah daerah
4.3 Melakukan pencatatan transaksi pendapatan daerah, belanja derah, pem-
biayaan daerah, asset daerah, kewajiban
daerah, dan equitas dana daerah
3.4 Menerapkan system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan
3.5 Menerapkan standar pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan/ disclosur akuntansi pemerintah daerah
3.6 Menganalisis elemen basis akuntansi, pelaksana akuntansi, struktur lengkap kode rekening untuk kelompok akun asset, kewajiban, ekuitas dana, pendapatan, belanja, dan pembiayaan di desa
/kelurahan
4.4 Melakukan pencatatan system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan
4.5 Melakukan pencatatan pengakuan
pengukuran, dan pengungkapan/ disclosur akuntansi pemerintah daerah
4.6 Melakukan pencatatan elemen basis akuntansi, struktur lengkap kode rekening untuk kelompok akun asset, kewajiban, ekuitas dana, pendapatan, belanja, dan pembiayaan di desa/kelurahan
3.4.1 Menguraikan system Keuangan daerah
3.4.2 Menjabarkan struktur akuntansi pemerintah desa
3.5.1 Mengemukakan standar pengakuan dan pengukuran akuntansi pemerintah daerah
3.5.2 Menganalisis pencatatan dan pengukuran akuntansi pemerintah daerah
3.6.1 Mengemukakan pengertian kode akun
3.6.2 Menganalisis kode akun akuntansi desa (aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan belanja)
4.4.1 Menunjukkan dasar hukum akuntansi desa dan merumuskan sistem keuangan akuntansi desa
4.5.1 Membuat pencatatan dan pengukuran akuntansi pemerintah daerah
4.6.1 Menunjukkan kode akun akuntansi desa (aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan belanja)







3.7.1 Menjabarkan pengertian satker (satuan kerja)
3.7.2 Mengklasifikasi jenis-jenis transaksi pendapatan satker
3.8.1 Mengklasifikasi jenis-jenis transaksi belanja satker
3.8.2 Menganalisis pencatatan transaksi belanja satker
3.9.1 Menyelesaikan transaksi akuntansi penerimaan pembiayaan desa
3.9.3 Menyelesaikan transaksi akuntansi pengeluaran pembiayaan desa
4.7.1 Mengoperasikan pencatatan transaksi pendapatan satker
4.8.1 Menunjukkan jenis-jenis transaksi belanja satker
4.9.1 Mendemonstrasikan transaksi akuntansi penerimaan pembiayaan desa












1. Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
2. Stuktur Akuntansi Keuangan Pemerintah desa
3. Standar pengakuan, pengukuran dan pengungkapan/disclosure akuntansi pemerintah daerah






















1. Pencatatan akuntansi desa
2. Akuntansi pendapatan bagi  satuan kerja desa
3. Akuntansi pendapatan pemerintah desa
4. Akuntansi belanja bagi satuan kerja dan desa
16 x 45 menit
  (4 x pertemuan)


































36 x 45 menit
  (9 x pertemuan)
















Mengamati
Mempelajari buku teks, maupun sumber lain tentang system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah system akuntansi keuangan, serta struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi tentang system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang system akuntansi keuangandesa/kelurahan
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang cara menerapkan system akuntansi keuangan, desa/kelurahan dan mempre-sentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
  Mengamati
mempelajari buku teks transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data tentang transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa
Asosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa
Komunikasi
Menyampaikan dan mempresentasikan laporan tentang transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa.
Pengetahuan:
• Tes tertulis
• Penugasan

Keterampilan:
• Portofolio/ Laporan tertulis individu/ kelompok






















Pengetahuan:
• Tes tertulis
• Penugasan

Keterampilan:
• Portofolio/ Laporan tertulis individu/ kelompok

3.7 Menganalisis transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa/kelurahan)
3.8 Menganalisis transaksi akuntansi belanja satker, dan akuntansi belanja desa/kelurahan)
3.9 Menganalisis transaksi Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan
4.7 Melakukan pencatatan akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa/kelurahan
4.8 Melakukan pencatatan akuntansi belanja satker, dan akuntansi belanja desa/kelurahan)
4.9 Melakukan pencatatan Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Komputer Akuntansi